Sabtu, 26 November 2011

MUHASABAH TAHUN BARU HIJRIYAH 1433

Selamat Tahun Baru Hijriyah 01 Muharram1433
Semoga Kita Menjadi Insan Yang Lebih Baik di Kemudian Hari Meraih Dunia, Untuk Akhirat Meraih Hakikat Hidup Yang Sesungguhnya
"Fastabiqul Khoirot"



Bulan Muharam telah diambang pintu, ia merupakan awal mula bulan yang menandakan pergantian tahun Hijriyah. Bulan sebagai perhitungan yang menjadi tonggak sejarah perjalanan risalah kenabian dan kerasulan untuk meraihi jalan menuju sebuah kemenangan. Strategi Ilahiyah yang menjadi Sunatullah bagi Nabi Muhammad SAW. dalam mengembangkan dan mengibarkan agama-Nya. Hampir 15 abad sudah perjalanan risalah Ilahiyah menapaki peradaban alam semesta ini. Kemenangan dan kekalahan, kemajuan dan kehancuran telah dialami dengan seksama serta dengan berbagai onak dan duri seperti pepatah petitih kata orang Minang “ Ba biduak upiah pandayuang bilah, muatan sareh nan kadibawo, kok tibo ombak nan ma ambuang biduak pacah pandayuangpun hilang, ta katuang-katuang dalam lawik”. Namun berkat ketangguhan, kegigihan dan diplomasi serta pertolongan Allah SWT., semua rintangan itu berhasil dijalani oleh Nabi, Sahabat dan Ummatnya.

Genap sudah lembaran-lembaran hidup telah terlewati selama 354 hari lamanya, amal kebaikan dan keburukan telah tercatat dalam lembaran-lembaran suci di Lauhul Mahfudz. Berat manakah timbangan amal kita antara sebuah kebaikannya atau keburukannya? Kitalah yang paham dengan semua itu, kelak kita akan melihatnya sebesar biji zaharhpun akan tampak, sebab kitalah yang menjalaninya di dunia ini.
Kini saatnya kita instropeksi diri, apa andil kita untuk mewarnai peradaban Ilahiyah ini selanjutnya? Apakah hanya berpangku tangan saja dan menjadi penonton setia dalam panggung kehidupan ini? Menunggu detik-detik dari akhir hayat kita tanpa torehan dan jejak amaliyah kita, Rasanya amatlah naïf sekali hidup ini, jika itu yang terjadi pada diri ini, hanya menjadi debu yang tak berarti dalam dunia kosmos tak terbatas serta jadi goresan tinta yang penuh dengan catatan sisi gelapan kehidupan ini.
Atau sesunguhnya bahwa kita mampu mengukir sejarah peradapan dunia ini akan sebuah perubahan dengan memfaatkan waktu dengan amal sholeh, berguna untuk dunia alam semesta ini, sesungguhnya kita merupakan rahmat bagi sekalian alam.

Ya Allah Ya Tuhan bimbinglah kami untuk mensyukuri sisa jatah hidup hanya mengabdikan diri kepadaMu, tidaklah kami diciptakan kecuali hanya mengabdi kepada-Mu.
Teringan dengan doa kami, di awal tahun ini: Dengan doa ini kami sebagai Mu'min memohon kepada-Mu Ya Allah agar dalam memasuki tahun baru ini kami dapat meningkatkan amal kebajikan dan ketaqwaan kepada-Mu.


Bismillaahir-rahmaanir-rahiim
Wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa 'alaa fadhlikal-'azhimi wujuudikal-mu'awwali, wa haadza 'aamun jadidun qad aqbala ilaina nas'alukal 'ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa'ihi wa junuudihi wal'auna 'alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu'i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu 'alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam.

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW., beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, Nabi yang ummi dan ke atas para keluarga dan sahabatnya.


اللهم اجعل أول هذه السنة صلاحا وأوسطها سرورا واخرها نجاحا

Ya Allah, jadikan awal tahun ini perbaikan, pertengahannya kegembiraan, dan akhirnya kesuksesan bagi kehidupan kami.

 
شكرا غفر الله لنا ولكم فى عام ماض وبرك فى العام
Dan perkenankalah doa kami Ya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Coment Anda Disini